Halo! Selamat datang di blog Resna Karina, ini adalah tulisan ku yang masih perlu banyak perbaikan, pembelajaran dan jauh sekali dari kata sempurna. Feel free untuk berikan masukkan dengan meninggalkan komentar. Enjoyed!

Semua orang kalau dibilang pasti punya yang namanya planning untuk ke depannya. Ya, gue juga punya planning untuk kedepan ingin hidup seper...

Hidup Menjadi Dewasa

Semua orang kalau dibilang pasti punya yang namanya planning untuk ke depannya. Ya, gue juga punya planning untuk kedepan ingin hidup seperti apa dan bagaimana, bahkan dari kecil gue udah bermimpi tentang hal itu, seperti kebanyakan anak-anak lain pada umumnya.


Kehidupan, dari kata ‘hidup’ ya memang sebuah kata yang sangat sederhana, namun terkadang tidak sesederhana sesuai apa yang diinginkan. Tidak dipungkiri lagi didalam kehidupan selalu ada 2 sisi, ada bahagia-sedih, ada senang-susah, kadang diatas-dibawah. Jadi hidup itu tidak melulu soal “happy life” itu hanya bagaimana cara kita menikmati hidup itu.


Dulu, gue punya mimpi yang dibilang ‘sangat mulus’ ingin hidup yang “sempurna”, bahagia selalu, punya keluarga idaman yang selalu diberkahi dengan cinta dan kasih sayang disetiap harinya, punya pasangan seperti yang didongeng-dongeng (oke gue akui disini adalah sisi ke kanak-kanakan gue -,-). Pokoknya seperti yang kebanyakan wanita idamkan deh.

Sebelumnya gue mau cerita terlebih dahulu sedikit. Gue itu lahir dari keluarga yang pada saat gue kecil dulu gue ngerasa bahagia banget, gue bahagia dengan dunia main dan dunia khayal gue. Gue punya Mamah yang udah jadi temen main disetiap harinya, entah itu main rumah-rumahan, main boneka, main minum teh gitu, temen duet nyanyi, ya gitu deh soulmate banget. Dan gue punya Ayah yang baik banget, nggak pernah marah sama sekali selama gue kecil, gak pernah main tangan sedikitpun, pernah waktu itu gue pecahin asbak kesayangannya tapi Ayah gak marah padahal gue udah takut dan udah diem aja sambil memble-memble gitu, tapi Ayah selalu bilang “anak pinter, udah gapapa” ah gue selalu kangen sama kata-kata ini.

Dari masa kecil gue, gue bermimpi pengen punya hidup dimasa depan yang bahagia kaya film kartun yang gue tonton. Sekolah, menjalani kehidupan sehari-hari, selesai SMP masuk SMA terus jadi anak-anak SMA seperti dicerita dinovel-novel, lulus lalu jadi anak kampus yang belajarnya seneng terus, wisuda – kerja – lalu menikah dengan bahagianya.

Lempeng banget ya kalo hidup kaya begini -______- yaampun.

Tapi ternyata dikehidupan nyata ngejalani itu semua sulitnya, berbeda banget sama ekspektasi kebanyakan anak perempuan yang mereka tau dari film, sinetron, novel. Apalagi bagian kuliah, sumpah waktu gue SD gue berfikir kuliah itu belajarnya enak kaya main karena pake baju bebas, gak mesti tiap pagi kesekolah/kampus, bawa buku gak banyak, ealah ternyata beda banget yaaa :” asli kuliah itu perjuangan belajar yang sesungguhnya :’D gak usah jauh-jauh ke kuliah deh, sekolah aja rasanya gimana, huh.

Bukan “hidup itu gak adil” tapi Tuhan itu mau kita juga ngerasain bagaimana menghadapi kesulitan. Gue mulai mengerti hidup ketika gue udah beranjak remaja, sekitar pas di SMP deh. Dari mulai Ayah yang banyak cerita/curhat tentang masalah hidupnya, rasa kecewanya terhadap beberapa orang, jatuh bangun, sampai akhirnya berimbas pada gue yang kata Ayah anak perempuan itu gak akan bisa sukses, (jadi Ayah gue ini udah trauma sama anak perempuan).

Dari situ gue gak benci sama Ayah, gak patah semangat, Mamah juga selalu kasih nasehat-nasehat positif, Mamah itu ya orangnya selalu melihat segala hal dari sisi yang positif, dan alhamdulillah itu akan ngebawa lo ke arah yang positif juga. Gue berjuang coba buktiin sama Ayah kalo anak perempuan itu berhak untuk sukses, seenggaknya gak selesai sekolah terus langsung nikah gitu aja.

Lulus dari SMK gue masuk kuliah, lalu gak lama Ayah gue jatoh sakit yang bener-bener ngerubah hidup gue dan keluarga. Gue sampai harus cuti kuliah dan mengharuskan untuk berenti, gue masih punya ade 1 cowo dan masih sekolah. Kebetulan gue udah kerja disalah satu perusahaan swasta di Jakarta.

Tapi dari situ gue gak patah semangat, gue beraniin diri untuk kuliah ditempat lain yang padahal dulu Ayah itu ngelarang keras gue untuk kuliah disalah satu universitas di Jakarta Barat, alias tempat kuliah dulu anak-anak Ayah gue. Emang biayanya ‘lumayan’, tapi percaya deh kalo lo tekat untuk sekolah dan niat baik semua itu pasti ada jalannya dari Tuhan. Gue kuliah alhamdulillah pake uang sendiri dan sampai saat ini lancar.

Sedikit ceramah ya, karena ada 3 golongan orang yang akan di permudah oleh Tuhan, yakni:
1. Orang yang mau nikah
2. Orang yang mau menuntut ilmu
3. Orang yang mau bayar hutang


Jadi percaya deh nanti akan ada aja jalannya.

Oke lanjut lagi. Semenjak sakitnya Ayah dan gue ngerasa hidup gue udah carut marut banget (sempet berfikir dulu udah mau nikah aja, supaya bisa jalani kerumitan ini berdua sama pasangan)  tapi egois juga gue kalo gue nikah ade gue siapa yang nanggung nanti kan, siapa yang ngawasin sedangkan nyokap gue sekarang jadi tulang punggung juga.

Ya, ngerasa hidup gue udah “gak sempurna” lagi gak seperti apa yang gue impikan. Lagi-lagi Mamah yang selalu bisa bilangin bahwa “semua ini ada hadiahnya dari Tuhan, ada hikmahnya, Tuhan gak akan ngebiarinin kita kaya gini terus, selama ini kita udah bahagian terus kini saatnya kita hidup dengan kondisi kaya gini tapi......tetep harus bahagia”.



Kehidupan, memang gak bisa ketebak, gak bisa diduga dan diskenariokan oleh manusia, semua itu datangnya dari Tuhan. Ada mungkin yang merasa berat untuk ngejalaninnya, ada yang tetap bersyukur, ada yang pakai cara lain supaya hidupnya bisa mendapatkan segalanya, ya ada aja pasti yang lainnya.
Dari sini gue belajar “hidup” menjalani hidup lebih tepatnya untuk bagaimana cara kita ngejalaninya dan cara bersyukurnya. Tetap bersyukur dan berbaik sangka sama Tuhan, semua ini akan ada “sempurnanya” dari kehidupan yang kita inginkan. Gue punya Ibu yang luar biasa hebatnya. Yang kuat, yang luar biasa sabar, yang AMAZING menurut gue.

Hidup itu berliku, kawan. Jadi hidup itu tidak melulu soal “happy life”, hanya bagaimana cara kita menikmati hidup itu. Bagaimana cara kita selalu bersyukur supaya ngerasa bahagia terus dalam hidup kamu walau bagaimanapun keadaannya. Cobaan&ujian itu pasti akan selalu datang.


Hidup menjadi dewasa memang terkadang sulit, sulit dipahami dan sulit dijalani. Rasanya mau jadi anak kecil aja :’) 

0 comments: