Halo! Selamat datang di blog Resna Karina, ini adalah tulisan ku yang masih perlu banyak perbaikan, pembelajaran dan jauh sekali dari kata sempurna. Feel free untuk berikan masukkan dengan meninggalkan komentar. Enjoyed!

Mau sedikit cerita, tentang betapa beruntungnya gue, berkah Allah sangat nyata dihidup gue. (YaAllah maafkan diriku jauh dari kata ma...

Terjun Ke Dunia Jurnalis (Lapangan)


Mau sedikit cerita, tentang betapa beruntungnya gue, berkah Allah sangat nyata dihidup gue. (YaAllah maafkan diriku jauh dari kata manusia yang tahu diri, masih senang dan bangga berbuat salah).

Oke, gue akan cerita dari awal yaa walaupun gak lengkap dan akan ada yang terlewat (agak lupaan shay maklum). 

Sebelumnya, berawal dari selepas lulus SMK dan kuliah di salah satu universitas swatsa di Jakarta, gue ketemu dosen yang awalnya udah kenal nama tapi cuma sekedar dari cerita beberapa temen-temen senior, (dalem hati, ini dosen kenapa kali jadi perbincangan mulu) sampai pada akhirnya kenal bahkan kenal baik. Dulu dosen ini pernah ngajar gue di beberapa mata kuliah. Sebut aja dosen ini si A. 




Lama-lama kenal baik karena juga didukung dengan lain hal yang membuat saya dan beliau seperti sodara. Dah yee, cukup sampe sini sisi perkenalannya. 

Lanjut... Setelah kenal itu dulu, gue diajarin gimana cara nulis berita, padahal beliau tau jurusan yang gue ambil dan gue lebih cenderung jadi broadcaster tapi beliau bilang belajar itu jangan dibatasi. Dan gue mau belajar! Belajar gmn caranya nulis berita. 

Lalu, gak lama gue kerja disalah satu perusahaan travel di Jakarta sebagai Article Writter, Blogger, & Social Media Content, masuk ke dalam team SEO (Search Engine Optimization). Bergelut dibidang nulis kan, Alhamdulillah gak kaget dan gampang banget masuknya karena pengalaman dari nulis berita sebelumnya. Sebenernya suka nulis blog dari jaman sekolah, ya kaya gini, cuma gue ngerasa kalo ngeBlog itu kan gak formal kan, jadi seakan ga bisa 'dijual'. 






Sebagai Blogger di perusahaan travel di Jakarta lumayan lama, 2 tahun lebih, setelah itu sempet kerja di perusahaan restoran Korea dan catering, gak lama cuma berapa bulan aja. Ada lah alasannya..... Sebelum keluar dari perusahaan restoran Korea, udah ditawarin untuk jadi News Content di media news online. 

Setelah keluar, katakanlah nganggur, gue nganggur lumayan lama ada kali hampir sebulan. Dan akhirnya gue minta ke pemred gue yang merupakan dosen yang gue ceritakan diatas, gue nyatakan bahwa gue mau belajar jadi jurnalist dilapangan. Karena buat gue itu gak sekedar "profesi" semata. 

You know. I'm so lucky! Gue diperbolehkan, justru mereka welcome dan gue dikasih banyak petuah, arahan, dan masukkan yang baik-baik. 
Thanks bangetlah pokoknya buat Pak A**b, bang R***, dari kalian gue punya semangat tinggi, dikasih ilmu yang mahal banget harganya yang mungkin ga akan gue dapetin di dunia perkuliahan. 
Gak butuh waktu lama, gue pun akhirnya diperbolehkan untuk langsung terjun ke lapangan dan dikasih akses! So lucky I’m. 

Begitu terjun pertama kalinya dilapangan, gue dikenalin sama wartawan senior dan gue sangat berterima kasih juga sama bang U** yang udah mau rela ngajarin gue susah payah dilapangan, ngasih channel dan link sehingga gue gampang nanti kedepannya (mudah-mudahan). 

Selama 2 minggu gue belajar ada sih suka dukanya tapi belum ekstrem lah, terlalu dini kalo dikatakan begitu. Gue kenal satu dua orang yang baik banget dan orang gak friendly itu pasti ada. Tapi gue suka ketemu dengan orang baru.

Sempet kaget, karena jujur gue buta banget sama Tangerang! Rumah gue di Ciledug yang adanya dipinggir Jakarta, kuliah di Jakarta, kerja dulu di Jakarta nah gak tau dah tuh peta Tangerang gimana bentuknya. Maklum dah udeh. Sempet kaget juga karena emang bener-bener baru dilapangan yang gue gatau harus mulai dari mana, kenalan sama siapa, harus gimana. 

Once again, I'm so lucky! Lagi-lagi gue dibantu banyak kawan-kawan yang lain (mudah-mudahan kalian yang baik hati dan mau berbagi ilmu ditambah rejeki sama Allah dan berkah), diajarin gimana caranya liputan dan wawancara. Banyaklah gak bisa gue sebutin satu-persatu, but thank you so much! 

Ada juga sih yang gue liat no welcome to new member, no friendly, keep information, padahal ini gue baru hitungan minggu loh yaa tapi udah keliatan banget yang kaya begini. Gue tau ko semua tempat pasti ada yang model begini. 

Sempet ada kesulitan saat gue ditinggal sama senior yang mesti terbang keluar pulau dan cuti dalam kurun waktu yang cukup lama, itu posisinya gue baru nempel doi semingguan lah. Gimana yaa, yang tadinya gue kerja dikantor terus dilapangan gak tau apa-apa terus baru didampingi sebentar dan ditinggal pergi, huhu. 

1st month gue udah nyobain liputan di Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Bandara Soekarno-Hatta. 
Capek? Iya, but I'm enjoyed! Hehe

Seketika capek, gue selalu inget sama Ayah, kalo aja Ayah sehat kaya dulu gue pengen cerita banyaaaaaaaaaaaak banget sama Ayah. Ayah dulu kan di DPR pusat pasti gue akan dikasih arahan dan akan memudahkan jalan gue sebagai wartawan, sayangnya Ayah dikasih sakit sama Tuhan yang bikin komunikasi gue sama Ayah jadi terbatas :'). 
Gue selalu inget Ayah disetiap langkah, gue pengen bikin Ayah bangga sama gue, suatu saat gue mau bikin nama Ayah bagus lewat kerja keras gue. 

Pengen nyembuhin trauma Ayah dulu sama kakak-kakak gue. Disaat gue sudah besar Ayah sakit, itu sedih banget sih buat gue tapi yodahlah, ga bisa jadi alasan untuk sedih terus kan. 

Cukuplah cerita tentang Ayahnya.





Pemred gue ini adalah orang yang baik banget, sumpah kayak kakak sendiri yang baiknya gak ketolongan, ketika gue ditinggal sama bang U**, dia gak kehilangan cara untuk tetep ngebangun semangat gue untuk bisa liputan dan nulis berita. Dikenalin lah sama wartawan lainnya dan salah satunya ada orang yang baik banget dan akhirnya nyangkut. Thank you yah bang B**, udah sabar ngajarin gue dan dengerin bawelan anak baru yang songong ini hehe. Semoga pahala dan berkah ngalir terus ditiap langkah lo yah. Aamiin. (Biasanya doa gue diijabah loh haha)
Sempet gambling sama situasi dilapangan, tapi ya itu sih katanya sebagian dari cerita perjalanan jurnalis, I’m not hard feeling, ya sebagian dari perjalanan mengenal karakter orang juga. Buat gue, saingan didunia ini gak sekeras seperti di kantor.

Gue mulai terjun ke lapangan dan ditempatin di Tangerang itu sejak 13 Maret, yap #Lucky13 I’m so lucky! Sampai detikcom (alaaahh) detik ini gue masih merasa nyaman, enjoy, dan suka dengan tantangan-tangan yang ada, walaupun masih belum bisa mengendalikan mood (asli ini susah banget, ketika bete dan suntuk untuk nulis). Tapi jujur, sesuntuk-suntuknya jadi wartawan gak sesuntuk waktu jadi SEO.

Well, this my story. So lucky I’m, terima kasih Tuhan atas perjalanan hidup yang indah dan selalu ada pelajaran disetiap langka yang saya ambil. Jangan pernah bosan Tuhan untuk selalu mengirimkan saya orang-orang baik agar sempurna perjalanan hidup ini. Dan, bisa terus mencapai apa yang saya inginkan tentunya bisa buat Ayah bangga walau di surga nanti J.

0 comments: