Halo! Selamat datang di blog Resna Karina, ini adalah tulisan ku yang masih perlu banyak perbaikan, pembelajaran dan jauh sekali dari kata sempurna. Feel free untuk berikan masukkan dengan meninggalkan komentar. Enjoyed!

Dunia sukses dibuat heboh dan rasanya serasa ‘direset’ ulang pada tahun 2020 ini, segalanya terdengar ‘ pertama kali ’ untuk banyak hal. img...

Sejarah Mencatat: Fenomena ‘Pertama Kali’ di Tahun 2020, Apa Sih Penyebabnya?

Dunia sukses dibuat heboh dan rasanya serasa ‘direset’ ulang pada tahun 2020 ini, segalanya terdengar ‘pertama kali’ untuk banyak hal.

covid-19
img: freepik.com

Pertama kali seluruh manusia di bumi diimbau untuk tidak melakukan aktifitas sosial, pertama kali untuk harus dirumah saja, pertama kali tidak boleh interaksi fisik dengan yang lain bahkan dengan orang terdekat seperti kerabat, keluarga, sahabat, dan lainnya. Pertama kali ekonomi dunia serasa terhenti, tidak ada ramai-ramai dijalan, tidak ada hangout di akhir pekan, tidak ada ramai arus lalu lintas di jalan selain ambulance yang lebih sering wara-wiri, tidak ada penerbangan, dan banyak lagi hal lainnya.

Manusia dibuat kacau, ketakutan, panik. Tentu saja manusia saat ini banyak yang merasa takut, karena saat saya menulis ini sudah ada sebanyak 19.462.112 orang diseluruh dunia telah terinfeksi apa yang tengah ‘menggaduhkan’ dunia saat ini, sebagian kecilnya ada di Indonesia yaitu 125.396 orang terinfeksi.

Apa sih penyebabnya? Apa sih yang sedang dibicarakan orang-orang diseluruh dunia ini?


Adalah si virus kecil yang membuat gempar dunia. Novel Coronavirus atau Covid-19, adalah virus yang menyebabkan penyakit pernafasan akut. Saya gak akan membahas banyak soal penyakitnya karena saya tidak ahli dalam bidang kesehatan. Sekiranya itu yang saya tau. 

Menurut data dari WHO (World Health Organization) sejauh ini sudah ada 722.285 orang yang meninggal dunia karena virus ini. Iya, ratusan ribu nyawa melayang karena si ‘tak kasat mata’ itu. Untuk menghindarinya, saat ini kami harus mengenakan masker setiap hari setiap saat, harus rajin cuci tangan atau pakai hand sanitizer, tidak boleh sembarang menyentuh barang ataupun menyentuh wajah.

Virus Corona ini kabarnya menyebar lewat  droplet atau cairan yang ada dari pernafasan. Sehingga saat ini seluruh manusia di dunia dihimbau untuk melakukan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan.

Ngomong-ngomong soal Virus Corona yang menghebohkan dunia ini, dari mana sih asalnya?

Pertama kali kasus ini muncul pada akhir 2019 makanya diberi akhiran ‘-19’ pada penyebutan Covid-19, saat orang-orang ingin mempersiapkan perayaan pergantian tahun, menyambut tahun 2020 justru sudah mulai banyak orang yang mengkhawatirkan tentang virus ini. Bagaimana tidak, virus itu masih penuh dengan misteri.

img: freepik.com

Pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kabarnya berasal dari salah satu pasar yang ada disana, kalau tidak salah begini beritanya: berasal dari salah satu hewan yang terinfeksi lalu dikonsumsi oleh salah satu orang disana, orang itu lantas mengidap penyakit yang akhirnya menyebar sampai ke berbagai penjuru dunia.

Virus kecil ini tidak hanya menggemparkan segi kesehatan saja dengan angka kematian yang cukup banyak, tapi juga sektor ekonomi sangat-sangat berimbas banyak yang anjlok. Ya, untung saja sih gaji eik gak dipotong wak.

Tapi, disekeliling saya banyak sekali yang terdampak, ada yang dirumahkan atau dipecat dari pekerjaannya, ada  yang dipotong gaji dan pesangonnya, ada yang tidak mendapat pemasukkan sama sekali. Mall yang biasanya ramai kini harus tutup, bioskop tutup, tidak ada konser musik, tidak ada hingar-bingar, pesawat-pesawat terparkir rapi tidak ada yang terbang, hotel-hotel sepi, tempat wisata tak ada pengunjung. Banyak orang yang kelaparan, yang menyedihkan ada yang meninggal karena tidak ada yang bisa dimakan. Bayangkan karena fenomena ini, ada yang meninggal bukan karena virusnya tetapi dampak dari virus itu.

Banyak sekali teori-teori bermunculan dan juga cerita sejarah yang pernah terjadi dimasa lampau, seperti wabah Flu Spanyol yang pernah memusnahkan manusia-manusia dibumi salah satunya. Dan yang perlu kalian tau, saat ini yang cukup heboh adalah teori konspirasi yang banyak bermunculan. Kalau kalian penasaran googling saja ya sayang karena panjang sekali kalau saya tulis disini.

Tapi ya, terlepas dari teori konspirasi yang bermunculan, menurut saya ini adalah cara dunia memperbaiki dirinya. Gini gini gini, kita sama-sama tau bahwa manusia itu adalah pengacau dan makhluk pengrusak, apa yang ada di bumi setidaknya cukup untuk manusia hidup berdampingan dan rukun satu sama lain, tapi ada sebagian manusia yang memiliki hasrat tidak pernah puas. Ada beberapa bagian dibumi ini yang dikeruk dengan dalih sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia dibumi. Tapi menurut saya pribadi ya berlebihan saja.

Kasihan bumi ini, serasa ia ingin istirahat sejenak dari kerakusan manusia. Manusia seperti ‘virus’ untuk bumi, mungkin inilah cara bumi untuk menyembuhkan dirinya? Bernafas sejenak dari segalanya yang terjadi dibumi? Kata ibu saya, segala sesuatu terjadi atas ijin Tuhan Yang Maha Esa, walaupun itu niat jahat jika tuhan menghendaki pasti akan mulus jalannya, jika tidak ya tidak akan terjadi.

Apapun misteri di balik Covid-19 ini ada baiknya kita merenung dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, jadi lebih bijak, bertambah lagi jiwa sosial dan gotong-royongnya. Kita harus ingat bahwa kita hidup tidak hanya sendiri, kita harus ingat bahwa akan ada keturunan anak-cucu kita, kita harus punya rasa menjaga dan yang paling penting kita harus memiliki rasa cinta dan kasih untuk ke sesama yang ada di bumi, tidak hanya ke sesame manusia. 

0 comments: